Sabtu, 29 Mei 2010

Berkenalan Dengan Ms.Visual Basic

Microsoft Visual Basic atau lebih dikenal dengan sebutan VB, merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan Intregated Development Environtment (IDE) visual dalam membuat program. Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung pemrograman berorientasi objek atau OPP, oleh karena itu Visual Basic memungkinkan pembuatan aplikasi Grapichal User Interface (GUI) atau pemrograman yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi dengan pemakainya.



Bill Gates pendiri perusahaan Microsoft lah yang awalnya mengembangkan bahasa BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Pada perkembangannya BASIC berkembang sangat pesat, pemakaian bahasa BASIC yang luas dengan berbagai jenis komputer turut berperan dalam mengembangkan dan memperbaiki bahasa itu sendiri, dan akhirnya berujung pada lahirnya Visual Basic.
Ok deh cape cerita panjang lebar, langsung aja ke programnya ya..

Klik Start -> All Programs -> Microsoft Visual Studio 6.0 -> Microsoft Visual Basic 6.0 -> pilih Standard EXE.

Nih ta’ kasih bagian-bagian dari VB, supaya lebih paham.

Langsung bikin program..
Kali ini kita coba buat program pertama kita di VB, kalo udah kebuka jendela VB kayak gambar di atas langkah selanjutnya coba kita masukin object Label 3 buah terus TextBox 2 buah, sama Command/button 1 buah. Susun kayak gambar di bawah.


Ubah tiap object sesuai tabel di bawah ini.

Kalo udah ubah semua properties dari masing-masing object maka hasilnya kayak gini.

Double Klik di tombol proses, trus ketik coding dibawah ini.

Private Sub CmdProses_Click()
LblHasil.Caption = "Nama Saya adalah : " + TxtNama1.Text + " " + TxtNama2.Text
End Sub

Kalo udah klik tombol run buat running program atau bisa juga dengan tombol F5 pada keyboard, Cara kerjanya kamu masukin nama depan kita di kolom Nama pertama terus masukin nama belakang kita di kolom Nama Terakhir, Setelah itu klik tombol proses dan lihat lah apa yang terjadi,hehehe..
Lanjut ke program berikutnya di postingan selanjutnya ya..
Bye…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar