Sabtu, 22 Mei 2010

10 keunikan kota bogor !!!

10.Delman

Delman di kota bogor sendiri memiliki keunikan, selain sering "Mangkal" di Kebun Raya Bogor Sampai BTM (Bogor Trade Mall) akhir - akhir ini sering terdapat diperumahan sebagai hiburan anak - anak kecil keliling komplek. Konon nama Delman sendiri diambil nama pembuatnya yaitu "Charles Theodore Deeleman" . Delman kira - kira masuk ke Indonesia pada Jaman Hindia Belanda dahulu.



9.Asinan Bogor

Makanan khas bogor ini tiada duanya di kota kota besar lain, karena hanya di Bogor lah terdapat "Asinan Bogor". Makanan terbuat dari kuah cuka cabai dicampur, bengkuang, pepaya, mangga, nanas, jambu air, dan toge ini sering ditemui di gerobak - gerobak penjual kaki lima sepanjang jalan trotoar.

8.Becak

Becak merupakan kendaraan paling pemberani di Bogor, tidak takut melawan Angkot ataupun Mobil - mobil lainnya. Walau sekarang becak dianggap kuno ataupun kurang modern saat ini, akan tetapi becak juga merupakan transportasi yang sering digunakan dimana - mana.

7.Gereja Zebaoth Bogor.

Gereja ini dahulunya disebut gereja ayam, karena patung ayam di puncak menaranya terletak di lingkungan Istana Bogor yang dulunya merupakan tempat kediaman Gubernur Jenderal Belanda. Pada awalnya yang beribadah di Gereja Zebaoth hanyalah orang eropa, sedangkan bagi orang non eropa beribadah di gedung yang sekarang ini menjadi Kantor Pos Pusat Bogor.

6.Plaza Bogor

Plaza Bogor terletak di Sukasari, Jantung kota Bogor ada disini. Banyak sekali para pedagang kaki lima disini ,yang membuat Bogor semakin semarak. Di Plaza Bogor ini terdapat Pasar Bunga didepan Klenteng yang menjajakan berbagai bunga disini. Apalagi dibelakang Plaza bogor terdapat Pasar Bogor yang sangat ramai dikunjungi setiap harinya.

5.Toge Goreng

Toge goreng juga makanan unik di Kota Bogor yang sering dijajakan dimana-mana. Dahulu di kota Bogor terdapat penjual Toge Goreng yang sangat Melegenda Namanya, Yaitu Pak Gebro. Toge Goreng Pak Gebro melegenda namanya karena Toge Goreng Enaknya, konon Pak Gebrolah yang merintis atau mempopulerkan Toge Goreng ini sendiri sampai akhir hayatnya.

4.Batu tulis Bogor

Ternyata prasasti ini terdapat disebuah rumah berukuran +/- 5 meter. Prasasti ini juga merupakan sejarah kota Bogor ribuan tahun lalu, konon dikeramatkan orang - orang sekitar dan dianggap keramat karena diaanggap sebagai tahta sigasana Raja Pajajaran. Disana juga terdapat sebuah batu yang diangaap tapak kaki Prabu Surawesa.

3.Taman Safari Bogor

Kelebihan Taman Safari Indonesia yaitu dengan kendaraan kita bisa tour ke kandang - kandang binatang sambil memberi makan mereka ,tapi awas jangan kasih makan Macannya. Taman safari Indonesia ini juga terdapat tempat rekreasi yang cukup lengkap dan bagus.

2.Curug Luhur

Air terjun ini memang sangat indah. Curug Luhur memiliki 2 air terjun utama , seperti halnya curug nangka yang juga tidak jauh dari sana. Nuansa yang masih alami dengan pemandangan dan juga air pegunungan yang jernih memang sangat cocok buat piknik sekeluarga dan teman-teman, disana pun terdapat monyet-monyet yang masih liar dan alami.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun raya bogor merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri dan juga luar negeri. Ini juga dikarenakan banyaknya koleksi tumbuh-tumbuhan Cryptogamae, 25 spesies Gymnospermae, 51 spesies Monocotyledonae dan 2200 spesies Dicotyledonae. Tapi yang paling paling populer yaitu, Bunga bangkai yang tumbuh di sini. Bunga yang tingginya sampai 6 meter ini pernah ada di sini dan menjadi fenomenal.


Dikutip dari : http://gokilwoke.blogspot.com/2008/12/sebelum-gw-mulai-posting-ini-kami.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar