Jumat, 11 November 2011

Peranan desain pemodelan grafik dalam interkasi manusia dengan komputer part 2


Dalam pembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai bagaimana hubungan antara desain pemodelan grafik dengan interaksi manusia dengan komputer. Sekarang saya akan mencontohkan bagaimana sebenarnya desain dapat sangat penting dalam pemodelan perangkat komputer agar dapat mudah digunakan oleh manusia.

Contoh yang akan saya bahas kali ini adalah keyboard, keyboard yang memiliki layout terstandarisasi (QWERTY) walaupun tombol-tombol alfanumerik ditempatkan secara berbeda dan tidak urut namun masyarakat sosial sudah terlanjur berbasiskan pengetikan qwerty sehingga hal ini menyebabkan keengganan untuk berubah dengan jenis keyboard lainnya. Hal ini juga yang dipertimbangkan oleh para pendesain agar desain keyboard yang di desainnya memiliki standart qwerty walaupun memiliki merek/brand yang berbeda.
Keyboard selanjutnya adalah keyboard model dvorak, model dvorak lebih condong untuk pemakai tangan kanan(bukan kidal). Huruf-huruf yang sering dipakai ditempatkan pada jari-jari yang dominan. Peningkatan kecepatan pengetikan sampai 10-15 % dan mampu mengurangi kelelahan. Kombinasi umum dari karakter dapat berganti-ganti antara duan tangan.

Walaupun keyboard dvorak sudah didesain memiliki beberapa kelebihan namun tetap saja lagi-lagi faktor konsumen yang sudah terbiasa menggunakan keyboard qwerty menjadikan alasan para pendesain lebih sering membuat keyboard qwerty daripada keyboard dvorak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar