Jumat, 04 Maret 2011

Web Science Chapter 1

Internet merupakan suatu jaringan terbesar yang menghubungkan komputer-komputer di dunia, saat ini internet sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui internet pula muncul istilah Web Science. Web Science merupakan suatu studi yang mengkaji tentang informasi dalam membangun web, atau lebih singkatnya web science adalah kajian sains dari Web yang lahir dari desentralisasi sistem Informasi. Diciptakan oleh Tim Benners-Lee, web science sangat berkaitan dengan penggunaan dan teknologi dari world wide web. Kelahiran web science sendiri terinspirasi dari pergerakan web 1.0 sampai web 3.0.


Tujuan dari studi para ilmuwan dalam mempelajari web science adalah ingin mengembangkan web menjadi suatu sistem informasi global yang mampu memenuhi setiap kebutuhan para pengguna di masa depan. Web tidak lagi hanya terdiri dari sekumpulan informasi melainkan mampu berintraksi dengan para pengguna. Tentu saja dengan adanya hal ini web menjadi lebih bermanfaat dan lebih menjadi berguna.

Web adalah teknologi sosial yang sedang tumbuh oleh karena itu perlu dikembangkan agar memperluas pengguna, kontrol pribadi atas informasi, dan menghormati hak-hak dan preferensi lain dari semua aspek penting yang bersumber dari Web. Aspek ini juga perlu harus dipahami dan dipelihara sebagai perubahan Web yaitu sebagai media sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar