Jumat, 16 Oktober 2009

Perubahan Sosial Masyarakat

  1. Pengertian perubahan social budaya

Social budaya dalam ilmu pengetahuan menunjuk pada dua segi utama dari kehidupan bersama manusia, yaitu segi kemasyarakatan dan segi kebudayaan. Kebudayaan merupakan seluruh cara hidup suatu masyarakat yang diwujudkan dalam tingkah laku.

Perubahan social merupakan perubahan dalam hubungan social.

Untuk keperluan adaptasi dengan lingkungan yang merupakan syarat bagi kelangsungan hidup maka manusia harus mengadakan kerja sama dengan sesame manusia. Di dalam organisasi social manusia hidup berkelompok.

  1. Bentuk perubahan sosial budaya

a. perubahan lambat dan perubahan cepat ( revolusi )

perubahan yang berlangsung lambat merupakan perubahan yang terjadi dengan sendirinya tanpa rencana tertentu. Perubahan yang berlangsung lambat ini dikenal dengan evolusi.

b. Perubahan kecil dan perubahan besar.

Perubahan kecil adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada unsur-unsur stuktur social yang tidak membawa pengaruh langsung yang berarti bagi masyarakat.

c. perubahan yang dikehendaki dan perubahan yang tidak dikehendaki

perubahan yang dikehendaki atau direncanakan merupakan perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan sebelumnya. Suatu perubahan yang dikehendaki selalu berada di bawah pengendalian serta pengawasan.

Perubahan social yang tidak dikehendaki merupakan perubahan –perubahan yang terjadi tanpa dikehendaki berlangsung diluar jangkauan pengawasan masyarakat dan dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat social yang tidak di harapkan masyarakat.

  1. Faktor –faktor pendorong perubahan social budaya.

A. kontak dengan kebudayaan lain.

.

Suatu proses yang berkaitan dengan hal ini adalah difusi yaitu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari individu kepada individu lain, dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain.

B. Sistem pendidikan formal.

Pendidikan memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia, terutama dalam membuka pikirannya serta menerima hal-hal baru secara ilmiah.

C. Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju

Sikap saling menghargai dalam sebuah perubahan merupakan hal yang seharusnya dijaga.

Setiap manusia dalam kehidupannya mempunyai keinginan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.keinginan tersebut membuat manusia mempunyai keinginan untuk maju.

  1. Faktor-faktor penghambat perubahan social budaya

A. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain

Kehidupan terasing menyebabkan sebuah masyarakat tidak mengetahui perkembangan apa yang terjadi pada masyarakat lain yang mungkin dapat memperkaya kebudayaan sebdiri.

B. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat.

Kondisi geografis yang terjal mengakibatkan perkembangan ilmu pengetahuan terlambat. Selain itu,pada daerah konflik juga terjadi hal seperti ini yaitu terhambatnya perkembangan ilmu pengetahuan.

C. Sikap masyarakat yang sangat tradisional

Masyarakat tradisional merupakan masyarakat yang memiliki kehidupan social bersifat statis, patuh pada adat dan memiliki kelompok masyarakat yang relative kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar