Selasa, 02 April 2013

Komputasi Modern


Komputasi Modern dibagi menjadi dua kata yaitu komputasi dan modern, komputasi berarti ilmu yang mempelajari cara menyelesaikan suatu masalah menggunakan algoritma, sedangkan modern adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan masa kini. Dapat disimpulkan komputasi modern adalah cara untuk memecahkan suatu masalah dengan menggunakan teknologi komputer yang dilakukan dengan algoritma-algoritma yang tersusun, sehingga dapat ditemukan solusi yang terbaik.

Komputasi Modern pertama kali diperkenalkan oleh John von Neumann (1903-1957), John merupakan seorang ilmuwan matematika yang berperan dalam perkembangan komputer digital modern dan penerapan teori operator di bidang mekanika kuantum. Karena jasanya tersebut John Von Neumann diabadikan namanya sebagai arsitektur von Neumann, yaitu arsitektur komputer yang banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel, karena dialah yang pertama kali mempublikasikan konsep tersebut.

Komputasi Modern terbagi kedalam 3 jenis yaitu, Mobile Computing, Grid Computing dan Cloud Computing.

1.  Mobile Computing (Komputasi Bergerak)
Secara sederhana dapat diartikan sebagai komputer yang bisa bergerak dan bisa dibawa kemana saja. Dalam perkembangannya mobile computing memiliki beberapa evolusi mulai dari laptop atau computer jinjing hingga yang terbaru saat ini adalah smartphone.

 2.  Grid Computing
Merupakan tipe komputasi parallel yang tersebar luas dan terpisah secara geografis namun terhubung melalui jalur komunikasi tertentu untuk dapat bersama-sama memberikan informasi guna memecahkan suatu masalah.

3.  Cloud Computing
Untuk cloud computing akan saya bahas di postingan berikutnya. Terima kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar