Kamis, 20 Oktober 2011

Konversi Bitmap ke Vektor

Gambar terbagi menjadi dua yaitu vector dan bitmap, Vektor terdiri dari serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan melalui garis dan bagian-bagian lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Sedangkan Bitmap lebih mengandalkan jumlah pixel dalam suatu satuan tertentu, semakin rapat pixel maka gambar akan semakin terlihat baik sebaliknya jika gambar di perbesar maka pixel akan menyebar dan membuat gambar terlihat pecah.

Untuk mengubah gambar dari bitmap ke vector diperlukan sebuah software seperti coreldraw. Langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pilih gambar berformat bitmaps.
2.  Pilih Bitmaps pada menu bar, lalu pilih trace bitmaps.
3. Lalu akan muncul disampingnya beberapa pilihan type (line art, logo,dan teman-temannya), pilih salah satu,   dan akan tampak window baru.
4. Lalu akan muncul disampingnya beberapa pilihan type (line art, logo,dan teman-temannya), pilih salah satu, dan akan tampak window baru.
5.Pada tampilan menu Option:
   - Type of image, pilih salah satu (misal pilih logo atau yang lain coba-coba saja dan lihat perubahan pada   tampilan vektornya)

   - Atur smoothing dan detail sesuai keinginan, lihat perubahan pada tampilannya.
   - Color mode akan menentukan mode warna pada gambar vector hasil trace.
   -  Pada menu options, kotak delete original image, jika diaktifkan maka nanti gambar bitmap akan terhapus, diganti gambar vector pada halaman corel draw- nya.
6. Setelah di otak-atik pengaturannya, terus klik OK.
7. Maka pada halaman CorelDraw, gambar Bitmap akan tertumpuk dengan gambar Vektornya, geser gambar vektornya, dan bisa dirubah warna, di ungroup, dsb…

Kira-kira seperti itulah cara konversi gambar dari bitmap ke vector.

Jumat, 14 Oktober 2011

Desain Pemodelan Grafik

Desain Pemodelan Grafik salah satu mata kuliah soft skill saya di semester 5 ini, diliat dari namanya sih belajar buat desain-desain grafik gitu, padahal saya sama sekali ga ngerti sama yg namanya desain boro-boro disuruh bikin desain suruh edit foto aja ga bias,hehe… beruntung lah tugas soft skill kali ini ga disuruh buat desain jadi ya sedikit tenang lah.

Sebenernya Desain Pemodelan Grafik itu apa sih? Terdiri dari 3, kata pertama Desain, orang-orang mendesain sesuatu untuk menciptakan objek baru, tentunya dengan mempertimbangkan nilai estetika dan keindahan, tapi bukan hanya nilai keindahan desain pun harus menimbulkan sesuatu yg bermanfaat. Desain masih ada hubungannya dengan seni, jadi menurut saya desain itu sebuah karya seni yang selain membuat sesuatu yg indah juga harus bermanfaat.

Kata yg kedua yaitu Pemodelan, kata dasarnya adalah model atau suatu objek yang menjadi contoh untuk objek lain. Berarti pemodelan menurut saya yaitu peniruan secara langsung suatu tingkah laku hasil pengamatan terhadap seorang model/panutan.

Kata yang ketiga adalah grafik, grafik itu kalau ga salah merupakan suatu penyajian data secara ringkas biasanya menghubungkan antara variable bebas (x) dan variable tidak bebas (y).

Dari ketiga pengertian di atas maka bisa di tarik kesimpulan kalau desain pemodelan grafik merupakan suatu karya seni yang bermanfaat dengan meniru secara langsung tingkah laku hasil pengamatan dan disajikan dalam bentuk visualisasi.